Pengenalan Bahasa Pemrograman dan Perannya

Pengenalan Bahasa Pemrograman dan Perannya


Hari ini adalah hari yang cerah, dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang pengenalan bahasa pemrograman dan perannya. Tanpa berbasa-basi kita langsung saja ke topik. 

Bahasa Pemrograman 

Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Adapun beberapa hal yang diperhatikan dalam membuat suatu program yaitu sebagai berikut :
  • Algoritma
Algoritma adalah urutan penyelesaian suatu masalah secara logis, yang bisa diterima secara logika. Dalam pembuatan suatu progran hal pertama yang harus kita ketahui algritma dari program tersebut, sebab algoritma merupakan hal terpenting dari suatu program, yang bisa diibaratkan sebagai logika dari program tersebut, jika kita tidak mengetahui algritma dari program yang ingin kita buat maka dipastikan program kita tidak bisa berjalan sesuai logika ataupun lebih parah kita tidak bisa untuk membuat program tersebut.
  • Syntax
Syntak dalam pemrograman merupakan suatu perintah atapun code yang dijadikan sebagai standar penulisan dalam bahasa pemrogran tertentu. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintak tersendiri yang pastinya berbeda antara satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman lain, namun hal yang sama dari setiap sintak adalah pasti terdapat awal dan akhir program, pasti terdapat operasi input, output, dan proses. Setelah kita memahami algoritma, sebaiknya kita mengetahui sintak sintak apa saja yang dperlukan untuk program yang ingin kita buat.
  • Intepreter dan Pustaka
Interpreter berfungsi menganalisis dan mengeksekusi setiap baris dari program tanpa melihat program secara keseluruhan. Keuntungan dari Interpreter adalah dalam eksekusi yang bisa dilakukan dengan segera. Tanpa melalui tahap kompilasi, untuk alasan ini interpreter digunakan pada saat pembuatan program berskala besar, sedangkan pustaka adalah suatu library yang didalamnya terdapat perintah perintah yang bisa kita gunakan untuk kepentingan program yang kita buat.
  • IDE+OS
IDE adalah sebuah software aplikasi yang memberikan fasilitas kepada programmer ketika membuat program. Biasanya sebuah IDE terdiri dari source code editor, debugger dan compiler. Untuk menulis sebuah program, bisa menggunakan text editor atau IDE nya. Bagi yang sudah mahir, menulis program dengan text editor bukanlah menjadi masalah. Tetapi untuk pemula, akan lebih mudah menggunakan IDE. Dalam pemilihan IDE kita perlu mempertimbangkan dukungan OS dan keperluan kita untuk membuat program apa.

Model Pemrograman 

Dalam membuat program terdapat model pemrograman. Model Pemrograman yang saya ketahui dapat dibagi menjadi 2 yaitu secara terstruktur dan object oriented. Berikut beberapa penjelasan mengenai 2 model pemrograman tersebut. 

Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Dalam pemrograman terstruktur terdapat dua penggunaan yaitu fungsi dan prosedur.

  • Fungsi adalah subprogram yang menerima data masukan, melakukan beberapa perhitungan dari data yang dimasukan kemudian diproses dan dihasilkan suatu output berupa data yang baru.
  • Prosedur adalah suatu cara untuk memecahkan suatu masalah pemrograman ke dalam sub-sub program. Prosedur juga merupakan sederetan intruksi yang diberi nama, dan melakukan tujuan tertentu.
Object Oriented adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Dalam pemrograman terstruktur terdapat dua penggunaan yaitu fungsi dan prosedur.

  Class
Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

     Objects
Object adalah sebuah structure yang menggabungkan data dan prosedur untuk bekerja bersama-sama. Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek. Dalam term OOP, object adalah sebuah structure yang menggabungkan data dan prosedur untuk bekerja bersama-sama. Contoh, jika kamu tertarik dalam pelacakan data yang dihubungkan dengan produk, kamu akan menciptakan sebuah object produk yang bertanggung jawab untuk me- maintenance dan bekerja dengan data yang bersinggungan dengan produk. Jika kamu ingin kemampuan mencetak dalam aplikasi kamu, kamu harus bekerja dengan sebuah object printer yang bertanggung jawab untuk data serta metode yang digunakan untuk berinteraksi dengan printermu.

    Abstraction
Ketika membangun objects dalam aplikasi OOP, adalah penting untuk menggabungkan konsep abstraction ini. Jika kamu membangun aplikasi shipping, kamu harus membangun object produk dengan atribut seperti ukuran dan berat. Warna adalah contoh informasi yang tidak ada hubungannya dan harus dibuang. Tetapi ketika kamu membangun order-entry application, warna menjadi penting dan harus termasuk atribut object produk.

Peran

Bahasa Pemrograman juga mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari, apakah anda menyadarinya?. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca penjelasan dibawah ini. 
  1. Jaringan Komputer.
    Dalam jaringan komputer bahasa pemrograman memiliki peran yang penting. Pernahkan anda berpikir bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui jaringan, misalnya melalui internet?. Pastinya anda berpikir bahwa proses komunikasi itu hanya berjalan melalui pengiriman data secara langsung, namun tanpa anda sadari, sebenarnya proses komunikasi yang kita lakukan itu juga melibatkan bahasa pemrograman dari aplikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Dalam suatu aplikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer terpadat bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menerjemahkan data yang kita kirim menjadi data analog agar dimengerti oleh bahasa mesin, yang kemudian dikelompokan berdasarkan jenis paket data yang kita kirimkan, contohnya jika kita mengirimkan paket data e-mail maka port yang digunakan adalah port jaringan dengan no 25. Kemudian paket tersebut akan dikaitkan dengan port dengan nomor yang sama, sehingga proses komunikasi bisa diterima oleh penerima. Peran bahasa pemrogram dalam proses komunikasi melalui jaringan internet ini dikenal dengan Socket Programming. Contoh bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk socket programming ini adalah  C, Java, Python
  2. Database.
    Peran pemrograman dalam database adalah dalam pengelolaan suatu database, mulai dari penyimpanan, penambahan, penghapusan, pengeditan. Bahasa pemrograman dalam database juga digunakan sebagai antar muka dengan pengguna dan pembuat dari database tersebut, serta tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk menghubungkan satu database dengan database lainnya. Contohnya DBC (Java ODBC, Python)
  3. Internet of Things.
    Kegunaan lain pemrograman adalah Internet of Things. Pernahkan anda menggunakan remote untuk mengunci mobil anda, atau pernahkan anda memasang perangkat cerdas di rumah anda yang bisa anda gunakan untuk mematikan semua lampu dari kejauhan?. Semua kasus itu merupakan contoh dari internet of things, jadi dengan bahasa pemrograman kita bisa membuat suatu alat cerdas yang bisa melakukan semua hal tersebut, tentunya dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer terutama jaringan wireless.
  4. Cloud Computing (Platform As A Service).
    Pernahkah anda menyimpan file di google drive, ataupu media penyimpanan lain yang berhubung dengan jaringan komputer?. Jika pernah, semua hal tersebut merupakan contoh dari pemanfaatan teknologi cloud computing, teknologi ini sering digunakan oleh seseorang untuk menyimpan data pribadinya dalam suatu media penyimpanan yang mudah untuk diakses tanpa perlu membawa media penyimpanan tersebut, bisanya media penyimpanan yang digunakan adalah google drive, yang pastinya bisa diakses dimana saja asalkan ada suatu jaringan internet.
  5. Intelligent Transfortation System (ITS).
    Intelligent transfortation system merupakan suatu metode transportasi cerdas yang tentunya bisa memudah pengguna dalam menjalankannya. Contohnya dalam hal mengatur suatu lokasi pakir, dimana para pengemudi tidak perlu mencari lokasi parkir yang kosong lagi sebab telah diarahkan oleh suatu sensor ke lokasi parkir yang kosong, sehingga pengemudi hanya perlu mengikutinya saja. Contoh lainnya adalah suatu mobil cerdas dimana dalam hal parkir di tempat yang sangat sulit mobil tersebut bisa melakukannya sendiri tanpa perlu diarahkan oleh pengemudi, sebenarnya mobil ini memanfaatkan teknologi sensor cerdas yang telah diprograman oleh programernya untuk memudahankan dalam hal yang sangat sulit
  6. Parallel Computing contohnya bahasa C.
    Parallel computing merupakan suatu metode dengan memanfaatkan komputer dengan spesifikasi yang minimal, namun dalam jumlah banyak yang saling terkoneksi untuk membangun suatu server. Hal ini terkesan memang lebih sulit jika dibandingkan dengan kita menggunakan satu komputer saja sebagai server, walaupun demikian ternyata metode parallel computing ini lebih efisien dalam hal kecepatan kinerja dari pada kita harus menggunakan satu komputer saja untuk server, yang tentunya bisa membuat komputer itu bekerja begitu berat dan akan berpengaruh pada kecepatan prosesnya. Parallel computing ini merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membangun sebuah server contohnya google.
  7. Bio Informatika, E-Health.
    Bio informatika dan e-health merupakan suatu pengecekan kesehatan yang bisa dilakukan melalui komputer. Hal ini tentunya bisa dilakukan, dengan bantuan bahasa pemrograman dan ilmu kesehatan. Kita bisa membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk mengecek suatu gejala ataupun penyakit yang diderita oleh seseorang dan memberi solusi untuk penyakit tersebut tentunya harus dengan bantuan dan sesuai dengan ilmu kesehatan.

Tips Pemrograman

Dalam hal ini saya akan memberikan tips untuk mengusai bahasa pemrograman, berikut penjelasannya.

           1.  Pahami Algoritma
Hal yang paling penting dan pertama kita harus pahami yaitu algoritma suatu program yang ingin kita buat. Jadi kemana saja alurnya dan bagaima cara kerja program yang ingin anda buat.

           2. Kuasi Syntax
Hal yang kedua adalah sintaks, sintaks bahasa yang anda pakai anda harus kuasai dari yang mudah sampai advanced. Dari algoritma yang sudah kita buat kita harus tau sintaks apa saja yang dibutuhkan.

           3. Pahami Model Pemrograman
Tadi sudah saya jelaskan mengenai model pemrograman, dari sana kita harus memahami model apa yang cocok dan yang anda bisa untuk digunakan di program anda. Jangan paksakan apabila anda tidak memahami model pemrogramannya.

           4. Berlatih
Berlatih, hal ini sangat dibutuhkan, semakin banyak anda berlatih kemampuan anda akan semakin meningkat karena tidak ada usaha yang mengecewakan hasil. 

           5. Studi kasus sehari-hari
Dalam menerapkan kemampuan kita ada baiknya kita menggunakan kasus yang seing terjadi dalam kehidupan sehari-hari karena kita bisa mencapai suatu peningkatan dengan menyelesaikan suatu masalah yang ada. 

           6. Aktif dalam pengembangan (project, open source, github). 
Ada baiknya kita memperluas wawasan kita tentang pemrograman, kita harus iktu serta aktif dalam pengembangan suatu hal yang berkaitan dengan pemrograman, misalnya dalam hal pengembangan project sederhana.

Security

Security disini dimaksudkan keamanan dan kesalahan dalam membaut suatu program. 
  1. Kesalahan algoritma
    Jika dalam membuat programan algoritma yang kita gunakan salah maka dapat dipastikan bahwa program yang kita buat tidak bisa berjalan sesuai dengan urutan logika. Kesalahan lain yang mungkin dari algoritma adalah kesalahan kita dalam menerjemahkan suatu algoritma ke dalam suatu bahasa pemrograman. 
  2. Buffer overflow
    Buffer overflow adalah suatu keadaan dimana pogram yang kita buat memerlukan sumber daya memori yang begitu besar, sehingga bisa memenuhi memori komputer yang kita gunakan. Buffer overflow ini bisa terjadi jika kita membuat suatu program yang bisa memecah dirinya sendiri, sehingga bisa memenuhi memori komputer yang akhirnya bisa membuat suatu komputer manjadi hang. Apabila hal tersebut terjadi, dapat dikatakan ini merupakan suatu tindak merugikan pengguna komputer

Tingkatan Bahasa Pemrograman

Ada beberapa tingkatan bahasa pemrograman yang saya ketahui yaitu :
  1. Tinggi.
    Bahasa pemrograman tingkat tinggi merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipahami dan mudah untuk dipelajari, sebab bahasa pemrograman tingkat ini sudah mendekati bahasa manusia, sehingga bisa dengan mudah untuk dimengerti dan diingat. Contohnya bahasa Pascal, C++, Java
    , Visual Basic, dan PHP.
  2. Menengah
    Bahasa pemrograman tingkat mengengah merupakan bahasa pemrograman yang bisa dikategorikan ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Salah satu contoh bahasa yang masuk kategori ini yaitu bahasa C.
  3. Rendah. 
    Bahasa pemrograman tingkat rendah merupakan bahasa pemrograman mesin, yang bahasanya begitu sulit untuk dimengerti, diingat, dan dipelajari. Selain itu bahasa mesin ini juga untuk membuat suatu perintah memerlukan sintak yang panjang, namun walaupun demikian bahasa mesin ini sampai sekarang masih digunakan dalam beberapa kasus. Contohnya bahasa assembly.


Sekian yang bisa saja bagikan dan jelaskan pada post kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membaca postingan ini, akhir kata saya ucapkan Terimakasih dan jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog saya.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment