Linux Mint 17.3 Cinnamon 64bit

Linux Mint 17.3 Cinnamon 64bit

Halo semuanya, kali ini saya akan mereview beberapa aplikasi dari Linux Mint 17.3 Cinnamon ini dan dibagi menjadi beberapa kategori yaitu sebagai berikut : 
  • Perkantoran : LibreOffice
  • Desain grafis : GIMP
  • Internet/Web : Firefox
  • Pemrograman : Codeblocks
  • Pendidikan : Tux Math
  • Jaringan Komputer : ping,iptraf,wireshark,etherape
Saya menggunakan OS Linux Mint Cinnamon terinstall di partisi hardisk dan bukan di VMWare. Bukti :

Langsung saja ke topik utama, Linux Mint mempunyai banyak aplikasi yang bisa kalian unduh melalui terminal maupun lewat Software Manager yang tersedia di Linux Mint sendiri. Sekarang saya akan membahas aplikasi yang sudah saya buat kategorinya diatas, antara lain :

LibreOffice

Kategori : Perkantoran

URL : www.libreoffice.org



LibreOffice merupakan software gratis yang dikembangkan oleh The Document Fondation, dan merupakan “cabang” dari OpenOffice. Dengan kata lain, LibreOffice menggunakan sumber kode yang sama dengan OpenOffice, tetapi memiliki beberapa perbedaan fitur dalam perkembangannya.
LibreOffice memiliki tampilan yang kurang lebih mirip dengan Ms. Office resmi. Dengan tampilan yang cukup familiar ini, penggunanya pun bisa langsung menggunakannya tanpa takut akan tampilan yang berbeda dengan office resmi dari Microsoft tersebut. 
Karena masih memiliki sumber kode pembuatan yang sama, LibreOffice memiliki tools yang mirip dengan OpenOffice, yaitu: Writer, Calc, Impress, Draw, Base dan Math. Tapi tentu saja, dengan fitur dan pengembangan yang berbeda tipis dengan OpenOffice.
Fungsi LibreOffice :
  • Menyimpan dan membuka dokumen dengan format ODF (Open Document File)
  • Mengekspor dokumen ODF menjadi flat XML.
  • Import dokumen Microsoft Visio dan Microsoft Publisher.
  • Membuka dokumen *.docx. Docx adalah format dokumen standar untuk aplikasi Microsoft Office 2007 dan terbaru.
  • Menyimpan dokumen dalam format PDF.
  • Menambahkan Komentar dan Anotasi di Dokumen.
  • dan masih banyak lagi. 

GIMP

Kategori : Desain Grafis

URL : www.gimp.org

GIMP (GNU Image Manipulation Program ) merupakan software grafis yang didistribusikan di bawah lisensi Open Source ( GPL) yang sangat populer. Selain itu GIMP juga merupakan software yang multiplatform sistem operasi, bisa di jalankan di OS Linux, Windows, Mac OS X, FreeBSD dan lain - lain. Dulu GIMP masih sedikit sedikit pemakainya, mungkin karena interface/tampilanya kurang user friendly. Tetapi sekarang GIMP sudah mengalami banyak perubahan begitu juga dengan interfacenya sekarang lebih user interface. Sekarang GIMP telah banyak yang menggunakan ( khususnya user Linux), dan merupakan saingan dari Adobe Photoshop.

Fungsi dari GIMP :
  • Tool-tool yang cukup banyak seperti brush, pencil, clone, dll.
  • Tool seleksi diantaranya adalah rectangle, ellipse, free, fuzzy, bezier dan intelligent scissors
  • Layers dan channels.
  • Fungsi Alpha channel untuk mendukung pengerjaan transparansi.
  • Database procedural untuk memanggil fungsi-fungsi GIMP, contohnya Script-Fu.
  • Scripting dan Plug-in yang memungkinkan untuk memudahkan penambahan format file baru dan filter efek baru.
  • Multiple undo/redo (hal ini terbatas dengan ruang kosong disk).
  • Tool Transfomasi seperti rotate, scale, shear and flip.
  • Dukungan untuk banyak format file seperti JPEG, PNG, GIF, XPM, TIFF, TGA, MPEG, PS, PDF, PCX, BMP, SVG dan banyak lainnya.

Firefox

Kategori : Internet/Web

URL : www.mozilla.org/firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal.Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Fitur atau Fungsi Firefox :
  • Private Window
  • Search Bar
  • Add-ons
  • Firefox Sync
  • Homepage
  • Bookmark
  • dll.

CodeBlocks

Kategori :Pemrograman

URL : http://www.codeblocks.org/

Code Blocks adalah IDE (Integrated Development Environment) C/C++ yang bersifat open soure, cross-platform yang dikembangkan dengan C++ dan menggunakan wxWidgets sebagai UI toolkit-nya. 
Code Blocks juga mendukung berbagai compiler seperti GNU GCC, Intel C/C++, SDCC, Tiny C, GDC D, Digital Mars D, GNU ARM GCC, GNU AVR GCC, GNU GCC for PowerPC, GNU GCC for TriCore, tersedia pula konfigurasi masing-masing compiler dengan GUI.
Fungsi dari Code Blocks adalah untuk membuat suatu program berbahasa C dan C++.

Tux Math

Kategori :Pendidikan

URL : tux4kids.alioth.debian.org/tuxmath/

TuxMath merupakan permainan edukasi anak untuk belajar matematika. Permainan ini dirancang menarik, efektif dan menyenangkan. Anak akan senang dapat megenal angka, bermain sambil berhitung yang patut anda coba. 

Aplikasi Kategori Jaringan Komputer dalam OS Linux : 

Wireshark 

Wireshark merupakan salah satu tools atau aplikasi “Network Analyzer” atau Penganalisa Jaringan. Penganalisaan Kinerja Jaringan itu dapat melingkupi berbagai hal, mulai dari proses menangkap paket-paket data atau informasi yang berlalu-lalang dalam jaringan, sampai pada digunakan pula untuk sniffing (memperoleh informasi penting seperti password email, dll). Wireshark sendiri merupakan free tools untuk Network Analyzer yang ada saat ini. Dan tampilan dari wireshark ini sendiri terbilang sangat bersahabat dengan user karena menggunakan tampilan grafis atau GUI (Graphical User Interface).
Untuk menginstall wireshark di linux anda bisa mencobanya melalui terminal dengan kode sebagai berikut : 
sudo  add-apt-repository ppa:wireshark-dev/stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install wireshark

Kemudian anda bisa menjalankannya.

iptraf

iptraf adalah sebuah tools jaringan di LINUX yang berbasis console yang berfungsi mengumpulkan informasi jaringan seperti koneksi TCP berupa paket, jumlah byte yang diterima, statistik interface dan indikator aktivitas jaringan dan sebagainya. 
Untuk menginstallnya anda perlu mengetikan pada terminal kode sebagai berikut :
sudo apt-get install iptraf
setelah itu untuk mejalankan aplikasi tersebut dengan mengetikkan kode dibawah ini di terminal 
sudo iptraf

ping


Ping (sering disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
Dengan kata lain ping merupakan untuk mengecek konektivitas dan kecepetan internet kita.
ping dilakukan melalui terminal dengan mengetikkan 
ping google.com


Sekian post dari saya tentang review beberapa aplikasi di Linux, semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya, terimakasih.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment